PEDOMAN SEKOLAH RAMAH ANAK
Berdasarkan Panduan Sekolah Ramah Anak (2015) yang dibuat oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, definisi konsep sekolah ramah anak adalah bentuk pendidikan formal, nonformal, serta informal.
Di mana sekolah memiliki sifat aman, bersih, peduli, dan berbudaya lingkungan hidup, demi menjamin, memenuhi, serta melindungi hak anak serta perlindungan anak sekolah dari segala bentuk diskriminasi dan kekerasan di bidang pendidikan
Ciri Sekolah ramah anak
Menurut Ratnasari Diah Utami, dkk, dalam jurnal Implementasi Penerapan Sekolah Ramah Anak pada Penyelenggaraan Pendidikan Sekolah Dasar (2017), sekolah ramah anak memiliki lima ciri, yaitu:
1. Adanya Perlakuan adil bagi murid laki dan perempuan
1. Adanya Perlakuan adil bagi murid laki dan perempuan
2. Proses pem,belajaran yang baik sehingga anak merasa nyaman
3. Proses pembelajaran di dukung media
4. Adanya keterlibatan murid
5. Keterlibatan murid dalam penciptaan lingkungan sekolah
Prinsip Sekolah ramah anak
Dalam pembentukan dan pengembangan Sekolah Ramah Anak (SRA), ada lima prinsip penting yang harus dijalankan, yakni:
1. Non Diskriminasi
1. Non Diskriminasi
2. Kepentingan yang terbaik untuk anak
3. Hidup, Kelangsungan hidup dan perkembangan
4. Penghormatan terhadap pandangan anak
5. Pengelolan yang baik
Di sini saya kumpulkan beberapa buku pedoman atau referensi tentang Sekolah/Madrasah Ramah Anak
- Permen Pemberdayaan Perempuan dan Pertlindungan No 08 Tahun 2014 Tentang Kebijakan Sekolah Ramah Anak
- Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI No. 46 Tahun 2023 Tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan
- Buku Analisis Kebijakan Sekolah Ramah Anak di Kawasan Pesisir Wisata_Mami Hajaroh dkk
- Buku Disiplin Dalam Pendidikan_Samuel Mamonto dkk
- Disiplin Positif SD/MI_Yayasan Indonesia Mengabdi
- Disiplin Positif Untuk Merdeka Belajar Pada Jenjang SMA_J.H. Sousia dkk
- Buku No Punishment No Worriest, Menghapus Kekhawatiran, Membangun Keberanian, Dalam Pembelajaran_Ana Maghfiroh
- Buku Panduan Sekolah / Madrasah Ramah Anak_KPAI
- Buku Panduan Sekolah Ramah Anak_KPPPAI
- Buku Pedoman Satuan Pendidikan Ramah Anak
- Buku Pendidikan Ramah Anak_Rr Vami Kusuma Dewi dkk
- Pengasuhan Disiplin Positif Islami_Nasri Hamang dkk
- Buku Sekolah ramah Hak Asasi Manusia di Sekolah_Rusman Widodo
- KEPPRES No 36 Tahun 1990 TENTANG KONVENSI TENTANG HAK-HAK ANAK
- PERMEN NOMOR 23 TAHUN 2013 TENTANG STANDAR PELAYANAN MINIMAL PENDIDIKAN DASAR DI KABUPATENKOTA
- PERMEN PP&PA No 13 Tahun 2011 PANDUAN PENGEMBANGAN KABUPATENKOTA LAYAK ANAK
- Permendiknas No 70 Tahun 2009 PEDOMAN SEKOLAH INKLUSI
- PERMENPPPA No 12 Tahun 2011 INDIKATOR KABUPATENKOTA LAYAK ANAK
- UU No 11 Tahun 2005 tentang pengesahan KOVENAN INTERNASIONAL TENTANG
No comments:
Post a Comment