Kumpulan Adminsistrasi Bimbingan Konseling (BK) Sesuai SOP BK

 KUMPULAN ADMINISTASI 
BIMIMBINGAN KONSELING SESUAI SOP




    Bimbingan dan konseling pada satuan pendidikan diselenggarakan untuk membantu peserta didik/konseli dalam mencapai tugas-tugas perkembangannya. Tugas-tugas perkembangan yang dimaksud meliputi: mencapai hubungan persahabatan yang matang; mencapai peran sosial sesuai jenis kelaminnya; menerima kondisi fisiknya dan menggunakannya secara efektif; mencapai kebebasan emosional dari orangtua dan orang dewasa lainnya; menyiapkan diri untuk hidup berumahtangga; menyiapkan diri untuk kariernya; mencapai seperangkat nilai dan sistem etika yang membimbing tingkah lakunya; dan mencapai tingkah laku yang dapat dipertanggungjawabkan secara sosial.
    Sebagai penanggung jawab pendidikan di sekolah, kepala sekolah bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling. Selain itu, guru bimbingan dan konseling atau konselor harus berkolaborasi dengan pemangku kepentingan lain seperti guru mata pelajaran, wali kelas, komite sekolah, orang tua peserta didik, dan pihak-pihak lain yang relevan.
Guru Bimbingan dan Konseling haris mempersiapkan administrasi sesuai dengan Panduan Operasioanal Penyelenggaran Bimbingan dan konseling baik yang dibuat oleh kemendikbud atau Kementerian Agama .
Adapun administrasi yang dibuat dalam persiapan awal tahun adalah: Mempersiapkan alat tes alat tes itu bisa dalam bentuk ( AUM PTSDL, DCM, ITP (Inventori Tugas Perkembangan), Angket, Wawancara atau Intervew, Observasi, Sosiometri, Autobiografi/Studi Dokumentasi.
Setelah dilakukan pengumpulan data dari hasi tes berupa masalah yang terjadi dalam kelas tersebut maka guru BK harus membuat program yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
setelah program dibuat maka guru BK akan melaksanakan kegiatan sesuai dengan yanga da di dalam program BK tersebut.
apabila program sudah dilaksanakan guru BK harus mempersipkan administrasi BK dari kegiatan yang sudah dilakukan.
adapun administrasi BK tersebut di atas adalah sebagai beriku :
1. Tes kebutuhan Peserta Didik ( AUM PTSLD, DCM, ITP/ATP, SOSIOMETRI)
    a. AUM PTSLD
    b. DCM
    c. ITP/ATP
    d. Sosiometri
    e. Angket
2. Program BK
    a. Program tahunan
    b. Program Semester
3. Administasi BK
    a. Pelayanan Dasar 
        1). RPL LAyanan Orientasi
        2). RPL Layanan Informasi
        3). RPL Layanan Bimbingan klasikal
        4). RPL dan Pelaporan Bimbingan Kelompok
        5). RPL Kolaborasi Guru
        6). RPL Kolaborasi Orang Tua 
    b. Pelayanan Responsif
        1). RPL Layanan Konsultasi
        4). RPL Layanana Bimbingan Krisis
        6). RPL. Layanan Bimbingan Teman Sebaya
        7). RPL Layanan Advokasi
        10). RPL Layanan Mediasi
    c. Pelayanan Perencanaan Individual 
        1). RPL Layanan Penempatan
        3). RPL Layanan Himpunan data
    d. Dukungan Sistem
        1). RPL Layanan pengembangan Profesi
        3). RPL Layanan Sistem Manajemen
5.

Share:

Related Posts:

No comments:

Popular Posts