Fungsi Bimbingan dan Konseling

FUNGSI BIMBINGAN DAN KONSELING
Oleh : AMAR FARUQ, S.Pd

Berdasarkan pengertian dan tujuan yang ingin dicapai maka Menurut Tim penyusun buku Petunjuk Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling (1994) bahwa layanan bimbingan dapat berfungsi sebagai berikut :
1. Fungsi Pemahaman, yaitu bimbingan dan konseling yang akan menghasilkan pemahaman tentang sesuatu oleh puhak-pihak tertentu sesuai dengan keperluan pengembangan siswa; pemahaman itu meliputi: a). Pemahaman tentang diri siswa, terutama oleh siswa sendiri, orang tua, guru, dan pembimbing; b). Pemahaman tentang lingkungan siswa (termasukdidalamnya lingkungan keluarga dan sekolah), terutama oleh siswa sendiri, orang tua, guru, dan pembimbing; c). Pemahaman tentang lingkungan "yang lebih luas" (termasuk didalamnya informasi pendidikan, informasi jabatan/pekerjaan, dan informasi bdaya/nilai-nilai), terutama oleh siswa.
2. Fungsi Pencegahan, yaitu bimbingan dan konseling yang akan menghasilkan tercegahnya atau terhindarnya siswa dari berbagai permasalahan yang akan dapat mengganggu, menghambat ataupun menimbulkan kesulitan-kesulitan dalam proses perkembangannya.
3. Fungsi Perbaikan, yaitu fungsi bimbingan dan konseling yang akan menghasilkan terpecahnya atau teratasinya berbagai permasalahan yang dialami oleh siswa.
4. Fungsi Pemeliharaan dan Pengembangan, yaitu fungsi bimbingan dan konseling yang akan menghasilkan terpelihara dan terkembangnya berbagai potensi dan kondisi positif siswa dalam rangka perkembangan dirinya secara mantap dan berkelanjutan.

Menurut Tim Penyusun Buku Pedoman Pelaksanaan Pelayanan Bimbingan dan Konseling (2004) bahwa fungsi bimbingan dan konseling itu meliputi :
1. Fungsi Pemahaman; yaitu fungsi bimbingan dan konseling yang akan menghasilkan pemahaman tentang sesuatu oleh pihak-pihak tertentu sesuai dengan kepentingan pengembangan peserta didik, pemahaman itu meliputi : a). pemahaman tentang diri peserta didik, terutama oleh peserta didik sendiri, orang tua, guru pada umumnya, dan guru pembimbing; b). Pemahaman tentang lingkungan peserta didik (lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah), terutama oleh peserta didik sendiri, orang tua, guru pada umumnya, dan guru pembimbing; c). Pemahaman tentang lingkungan "yang lebih luas" (termasuk didalam informasi jabatan/pekerjaan, dan informasi social dan budaya/nilai-nilai), terutama oleh peserta didik.
2. Fungsi Penyesuaian, yaitu fungsi bimbingan dan konseling dalam rangka membantu peserta didik untuk memperoleh penyesuaian pribadi dan memperoleh kemajuan dalam perkembangan secara optimal.
3. Fungsi Penyaluran, fungsi bimbingan dan konseling dalam hal membantu peserta didik untuk memilih jurusan sekolah, jenis sekolah sambungan, lapangan pekerjaan sesuai dengan cita-cita, bakat, minatnya.
4. Fungsi Pengadaptasian, yaitu fungsi bimbingan dalam hal membantu petugas-petugas di sekolah, khususnya guru untuk mengadaptasikan program kepada minat, kemampuan dan kebutuhan peserta didik.
Sedangkan menurut Tim Penyusun Buku Panduan Pelayanan Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi (2002) menyatakan bahwa fungsi bimbingan dan konseling itu meliputi :
1. Fungsi Pemahaman,
2. Fungsi Pencegahan,
3. Fungsi Pengentasan, termasuk didalamnya fungsi Advokasi
4. Fungsi Pemeliharaan dan Fungsi Pengembangan.
Fungsi bimbingan konseling (Mortensen & Schumuler 1976 Muhamad Surya 1988:38-42):
1. Fungsi pencegahan merupakan usaha pencegahan terhadap kemungkinan timbulnya masalah
2. Fungsi Penyaluran merupakan layanan bimbingan konseling yang membantu siswa untuk menyalurkan bakat, minat, kecakapan dan kebutuhan sesuai dengan keadaan pribadinya.
3. Fungsi penyesuaian adalah layanan bimbingan konseling berfungsi membantu individu dalam terciptanya penyesuaian antara siswa dan lingkungannya.
4. Fungsi perbaikan merupakan usaha layanan bimbingan setelah fungsi-fungsi di atas mengalami gangguan.
Adapun dalam buku (Dr. Ahmad Juntika) minimal ada empat fungsi bimbingan:
1. Fungsi pengembangan merupakan fungsi bimbingan dalam mengembangkan seluruh potensi dan kekuatan yang dimilki individu.
2. Fungsi penyaluran
3. Fungsi adaptasi yaitu fungsi yang membantu pada pelaksana pendidikan, khususnya guru atau dosen, widiaiswara, dan wali kelas untuk mengadaptasikan program pendidikan terhadap latar belakang pendidikan, minat, kemampuan dan kebutuhan individu.
4. Fungsi penyesuaian
Share:

No comments:

Popular Posts

Recent Posts